Posted on: January 23, 2020 Posted by: eddye Comments: 0

Pemimpin adalah seseorang yang menjadi panutan bagi para anggotanya. Sebagai pemimpin, mereka harus mengemban tugas dan tanggung jawab untuk memimpin dan bisa mempengaruhi anggota yang dipimpinnya dalam mencapai suatu tujuan tertentu. Ibaratnya adalah seorang pilot yang mengemudikan pesawat. Ia harus mengetahui seluk beluk cara menerbangkan pesawat. Jika ilmu yang dimiliki tidak mencukupi atau terjadi kesalahan, bisa jadi pesawat yang dikendalikan tersebut terjatuh. Begitu pula dalam suatu organisasi, perusahaan, negara, dan lain-lain yang membutuhkan seorang pempimpin untuk bisa mengatur dan mengendalikan semua yang menjadi tanggung jawabnya.

Menjadi seorang pemimpin yang baik tidaklah mudah. Ia harus memiliki kemampuan yang lebih baik dibandingkan dengan para pengikutnya. Tidak hanya kemampuan teknis dan akademis, menjadi seorang pemimpin juga harus memiliki soft skill yang bagus. Berikut ini adalah belajar soft skill yang harus Anda ketahui jika ingin menjadi seorang pemimpin.

  1. Teladan

Soft skill yang wajib dimiliki seorang pemimpin adalah teladan. Sebelum mengarahkan anggotamu untuk melakukan hal inisiatif atau yang lainnya, kamu harus terlebih dulu memberikan teladan atau contoh penerapannya, misalnya tepat waktu datang ke kantor, memperhatikan detail-detail secara teliti, tekun dan giat bekerja, dan lain sebagainya.

  1. Inisiatif pada teamwork

Kamu dapat meemberikan arahan pada anggotamu bahwa untuk mencapai target perusahaan dibutuhkan soft skill inisiatif pada setiap aggota teamwork sehingga dapat menciptakan kinerja tim yang lebih baik.

  1. Komunikasi baik dan terbuka

Untuk menunjang keberhasilan dan kesuksesan perusahaanmu, selain budaya inisiatif kamu juga harus memberikan fasilitas dengan saluran komunikasi yang baik dan terbuka antar setiap anggota tim.

  1. Apresiasi

Memberikan apresiasi atau penghargaan semacam hadiah pada anggota tim dapat memacu semangat dan motivasi kinerja anggotamu. Secara tidak langsung, kamu juga membuat anggota lainnya menjadi semangat untuk bersaing agar mendapatkan reward atau penghargaan dari seorang pemimpin.

  1. Toleransi kesalahan

Dalam sebuah teamwork juga pernah melakukan kesalahan. Namun, jangan sampai satu kesalahan yang dilakukan anggota tim tersebut dapat menutup semua kebaikan anggota yang pernah diberikan bagi perusahaan. Dengan memberikan toleransi kesalahan dapat membuat anggota tim lebih semangat untuk belajar dan berkembang lagi.

Itulah 5 soft skill yang wajib Anda miliki jika menjadi seorang pemimpin. Pemimpin yang baik juga harus memiliki hard skill dan soft skill yang seimbang dalam mencapai sebuah kesuksesan.

Leave a Comment