Danau Matano Sorowako

October 25, 2019 0 By eddye

Danau Matano adalah danau yang indah seluas 224 kmĀ² dengan kedalaman 590 m, menjadikannya danau terdalam di Asia Tenggara dan ke-8 di dunia. Tapi ini bukan yang membuat ini salah satu tempat wisata terbaik di Sulawsi Selatan menarik untuk dikunjungi, tetapi keindahan dan air jernih menjadikannya salah satu tujuan wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Air di Danau Matano sangat jernih dan karena sangat jernih, Anda dapat langsung melihat perbedaan kehidupan flora dan fauna yang hidup di dalamnya.

Berikut adalah 2 jenis ikan unik, Opudi dan Buttini. Kedua jenis ikan ini sangat sulit dan hampir tidak mungkin ditemukan di tempat lain. Opudi adalah ikan hias, ikan Matano khas dengan ukuran tubuh kecil, tetapi sangat menawan. Sedangkan Buttini atau ikan tua adalah jenis ikan yang khas dari danau ini dengan bentuk tubuh seperti ikan tua yang dapat dimakan dan memiliki rasa yang cukup enak.

Di tempat ini ada sebuah gua bernama Goa Skull. Gua Tengkorak digunakan oleh penduduk setempat sebagai makam / tempat peristirahatan terakhir bagi mereka yang meninggal. Itulah sebabnya masih banyak tulang manusia di gua ini. Gua ini adalah salah satu tempat yang telah menjadi tujuan favorit para wisatawan ketika mereka membuat ulang di danau ini. Bagian mulut gua ditutupi dengan air. Bahkan jika Anda tidak bisa menyelam ke dalam selain menyelam, Anda masih bisa melihat gua karena airnya yang jernih. Apalagi lokasi gua ini bisa dijadikan salah satu spot foto terbaik di kawasan wisata ini.