Orang Tua Terbantu Karena Ruang Guru

June 20, 2019 0 By eddye

Menjadi orang tua yang baik bukan sebuah hal yang mudah. Salah satu yang kadang menyulitkan adalah memantau perkembangan anak dalam belajar. Anak saya duduk di bangku SMP, tepatnya sekarang di kelas 9. Materinya juga sudah mulai sulit, kadang saya sebagai orang tua tidak sepenuhnya bisa menjadi tutor bagi anak saya.

Saya juga harus membagi waktu bersama suami saya untuk mendampingi anak saya, karena kami berdua juga punya kesibukan masing-masing. Untuk itu, saya pun memutuskan untuk mencari cara dalam membantu anak saya belajar dengan baik.

Akhirnya, saya memutuskan untuk menggunakan aplikasi ruang guru. Ketika itu saya juga sempat bingung, apakah memilih bimbel online atau bimbel privat konvensional. Tapi berdasarkan beberapa pertimbangan, bimbel online lebih cocok untuk karakter anak saya. Ruang guru saya pilih karena fiturnya yang lengkap dan materinya juga tersedia lengkap. Saya mendapatkan info ini dari beberapa teman saya.

Anak saya punya kelemahan dalam belajar materi ipa. Nah, karena ingin fokus untuk pendalaman materi ipa kelas 9, di situ anak saya bisa memilih materi mana yang akan di pelajari. Dia bisa terus fokus belajar materi ipa kelas 9 sampai benar-benar paham. Materinya ternyata tidak hanya bisa dipakai sekali, namun berulang kali. Setelah di download, anak saya bisa menggunakannya kapan pun dan dimana pun.

Tidak hanya belajar materi ipa kelas 9, anak saya juga sekaligus belajar persiapan untuk UNBK. Kelas 9 perlu mempersiapkan ujian nasional dengan baik dan untungnya ruang guru juga telah menyediakan materinya dengan lengkap. Ruang guru melalui produk ruang belajar menyediakan materi lengkap semua mata pelajaran dalam bentuk video yang dilengkapi animasi, belajarnya jadi lebih santai dan interaktif.

Yang terpenting sebetulnya untuk orang tua, saya jadi bisa memantau secara langsung perkembangan belajar anak saya melalui fitur rapor online dari ruang guru. Rapor ini menyediakan informasi mengenai nilai-nilai anak kita ketika berlatih menggunakan soal-soal dan memberikan informasi materi-materi mana saja yang anak kita telah kuasai. Rapor ini dibagi per mata pelajaran sehingga orang tua  lebih mudah untuk mengamati dan mengontrol hasil belajar anak.

Saya menilai ruang guru sangat cocok untuk saya dan anak saya, tapi sebelum berkata seperti itu saya juga meminta pendapat kepada anak saya. Bagi dia, ruang guru tidak hanya membantunya belajar, tapi terbukti juga dapat berpengaruh signifikan terhadap hasil nilai ujian. Terbukti, dia secara bertahap mengalami peningkatan nilai ujian signifikan untuk materi ipa kelas 9.

Dengan ini saya tidak perlu lagi khawatir akan perkembangan belajar anak. Saya pun ingin apa yang saya rasakan saat ini bisa bapak ibu alami juga. Mungkin dengan tulisan ini orang tua di rumah juga bisa menggunakan cara saya, siapa tahu juga cocok. Selamat mencoba!