Posted on: September 5, 2020 Posted by: eddye Comments: 0

KUR BRI merupakan pinjaman BRI yang telah memberikan solusi pembiayaan bagi UMKM kecil dan menengah dari pemerintah sejak tahun 2016, 2017, 2018, 2019 dan 2020. Keunggulan pinjaman KUR BRI adalah tingkat bunga yang rendah, efektif 7% per tahun. Bagaimana cara pengajuan kredit BIS KUR? Ikuti panduan terbaik BRI KUR 2019 2020 tentang suku bunga, persyaratan, simulasi, tips persetujuan pengajuan dan jadwal suku bunga KUR 2019 2020. Apa saja perubahan BRI KUR 2019 2020? Berapa biaya bunga bank BIS? Bagaimana restrukturisasi kredit KUR?

Di era globalisasi ini, banyak orang yang memilih berkarir dari karyawan menjadi wirausaha. Selain tidak memiliki hubungan tertentu dengan pihak lain, bisnis ini juga berhasil menghadirkan cash box yang bisa membuat Anda kaya dalam waktu singkat. Kedengarannya sangat sederhana, bukan? Namun pada kenyataannya tidak semudah itu, memulai bisnis membutuhkan modal dan skill yang terampil. Jika Anda tidak menyeimbangkan kedua faktor tersebut, dijamin bisnis Anda tidak akan bertahan lama.

Permodalan memang menjadi masalah klasik bagi pengusaha kecil menengah. Studi OJK (2018) menunjukkan bahwa kesenjangan pendanaan terbesar terjadi di UMKM. Untuk mengatasi masalah permodalan dan kesenjangan pendanaan tersebut, pemerintah Indonesia telah mencanangkan program Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari tahun 2017, 2018 dan hingga saat ini pada tahun 2019. Tujuan KUR adalah memberikan akses kredit, financial inclusion, kepada pengusaha kecil dan menengah yang belum bisa menerimanya. kredit ke bank.

Dalam rangka pemberdayaan usaha kecil dan menengah dan koperasi, kecil dan menengah (UMKMK), penciptaan lapangan kerja dan penanggulangan kemiskinan, pemerintah telah mengeluarkan paket kebijakan yang ditujukan untuk peningkatan sektor riil dan pemberdayaan UMKM. Upaya peningkatan akses sumber daya keuangan antara lain memberikan jaminan kredit bagi UMKM melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Pada 5 November 2007, presiden meluncurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan jaminan kredit pemerintah. Kredit Usaha Rakyat (KUR) adalah kredit modal kerja dan / atau kredit investasi / pinjaman untuk perorangan / debitur, badan usaha dan / atau kelompok usaha yang produktif dan memenuhi syarat tetapi tidak memiliki jaminan tambahan atau jaminan tambahan yang tidak mencukupi.

UMKM dan juga koperasi yang seharusnya dapat mengakses KUR ialah mereka yang bergerak di bidang kegiatan produktif, antara lain: pertanian, perikanan dan kelautan, industri, kehutanan, serta simpan pinjam dan jasa pembiayaan. KUR dapat disalurkan secara langsung, artinya UMKM dan koperasi dapat mengakses KUR langsung di cabang atau cabang bank pelaksana.

Untuk mendekatkan layanan kepada usaha mikro, penyaluran KUR juga dapat dilakukan secara tidak langsung, artinya usaha kecil hingga menengah (mikro) dapat mengakses KUR melalui Lembaga Keuangan Mikro dan KSP / USP, atau melalui kegiatan lain dari program penghubung yang bekerjasama dengan Bank pelaksana.

Leave a Comment