Pengertian Hiponatremia dan Penyebabnya

January 13, 2020 0 By eddye

Pernahkah kamu mendengar tentang penyakit hiponatremia sebelumnya? Apa sih itu penyakit hiponatremia? Bagaimana dengan penyebabnya dan gejala yang akan dialami oleh penderitanya? Kamu perlu untuk mengetahui berbagai hal tentang penyakit ini yang akan dijelaskan sebagai berikut.

Pengertian hiponatremia menurut alodokter.com adalah kondisi gangguan elektrolit ketika kadar natrium atau sodium dalam darah lebih rendah dari batas normal. dalam fungsi tubuh kita, natrium memiliki sejumlah fungsi, antara lain untuk mengendalikan kadar air dalam tubuh, menjaga tekanan darah dan mengatur sistem saraf dan kinerja otot. Natrium memiliki banyak fungsi yang tentunya jika kadarnya lebih rendah akan terjadi gangguan dari dalam tubuh manusia, salah satunya adalah hiponatremia. Dilansir dari hellosehat.com pengertian hiponatremia adalah suatu kondisi di mana kadar natrium atau sodium dalam tubuh jauh di bawah batas normal. berdasarkan waktu kejadiannya, kondisi rendahnya natrium dalam tubuh dapat dibagi menjadi dua tipe seperti hiponatremia kronis dan hiponatremia akut. Hiponatremia kronis adalah kondisi yang terjadi saat kadar natrium pada tubuh menurun perlahan selama lebih dari empat puluh delapan jam. Gejala dari jenis ini biasanya ringan hingga sedang. Hiponatremia akut terjadi saat kadar natrium pada tubuh menurun secara tiba-tiba. Hal ini dapat menyebabkan gejala yang lebih serius seperti pembengkakan otak secara cepat, yang dapat mengakibatkan koma bahkan kematian. 

Apa saja sih gejala yang dialami oleh penderita pada penyakit ini? Setelah mengetahui pengertian hiponatremia, kamu juga perlu untuk mengetahui gejala yang dialami oleh penderitanya. Gejala yang ditimbulkan dari penyakit ini cukup bervariasi pada setiap penderitanya. Ketika kadar natrium dalam tubuh menurun secara bertahap, penderita mungkin tidak akan merasakan atau mengalami gejala apa pun, namun jika kadar natrium turun secara tiba-tiba dand engan cepat, gejala yang muncul dapat membahayakan penderitanya. Gejala umum dari penyakit ini dapat berupa mual dan muntah, lemas dan lelah, gelisah, kejang, penurunan kesadaran yang dapat berujung pada koma dan bahkan kematian, linglung dan sakit kepala. 

Lalu apa yang menyebabkan hal ini dapat terjadi? kadar natrium pada kondisi normal adalah 135 hingga 145 mEq/L (miliequivalen per liter). Seseorang dengan kadar natrium kurang dari 135 mEq/L bisa dianggap mengalami hiponatremia. Kondisi yang dapat menyebabkan hal ini terjadi adalah diare atau muntah parah dan kronis, yang kondisi ini dapat menyebabkan tubuh kehilangan natrium, perubahan hormon adrenal yang dapat memengaruhi kinerja kelenjar adrenal untuk memproduksi hormon yang menjaga keseimbangan kadar air, kalium dan natrium dalam tubuh. Kadar dari hormon toroid yang rendah juga dapat menyebabkan hiponatremia. Penyebab lainnya adalah penggunaan obat-obatan tertenu seperti obat diuretik, antidepresan serta obat yang dapat mempengaruhi hormon atau ginjal dalam menjaga kadar natrium. Menurut hellosehat.com penyebab lainnya adalah masalah tubuh yang mengakibatkan dehidrasi, yaitu ketika tubuh mengeluarkan terlalu banyak cairan seperti muntah dan diare, tubuh akan kehilangan banyak elektrolit, termasuk natrium. Dehidrasi juga dapat meningkatkan kadar anti-diuretik di dalam tubuh. 

Itulah hal-hal yang dapat kamu ketahui tentang penyakit ini seperti pengertian hipotremia dan penyebabnya. Kamu juga perlu untuk mengetahui faktor risiko seperti usia, mengonsumsi obat-obat tertentu, menderita penyakit tertentu seperti penyakit ginjal atau gagal jantung. dan beraktivitas fisik yang intensif. Orang yang minum terlalu banyak air saat melakukan maraton, triatlin dan aktivitas jarak jauh dan berintensitas tinggi berisiko terkena hiponatremia.