Posted on: April 29, 2020 Posted by: eddye Comments: 0

Apa yang menyebabkan smartphone cepat panas? adalah salah satu pertanyaan paling sering diajukan dari pengguna ponsel cerdas atau smartphone. Tidak seperti telepon seluler lama atau jadul, telepon pintar atau smartphone memiliki komponen yang berbeda, yang fungsinya lebih beragam dan kompleks. Karena komponennya banyak dan kompleks, ada banyak penyebab panas pada ponsel. Penyebab panasnya ponsel bisa jadi panas dari faktor internal, seperti baterai, dan bisa juga dari faktor eksternal, seperti rumah atau suhu ruangan yang panas. Dikutip dari https://tipandroid.com/ penyebab pemanasan ponsel dan cara-cara ampuh untuk memperbaikinya ada dibawah ini.

1. Baterai HP bermasalah

Anda dapat mengetahui penyebab panas pada ponsel lebih cepat dengan menyentuh bagian mana dari ponsel tersebut dengan cepat. Jika bagian belakang ponsel menjadi panas, itu bisa menjadi penyebab utama baterai. Baterai yang rusak atau fungsi yang berkurang lebih cepat panas daripada baterai baru. Oleh karena itu, solusi termudah adalah menangani panas yang dihasilkan oleh baterai HP, membawanya ke teknisi servis, dan meminta untuk mengganti baterai.

2. Charger bermasalah

Jika bagian dari sel pemanas cepat berada di dekat port charger, ini mungkin menjadi alasan mengapa ponsel cepat memanas karena charger bermasalah. Pengisi daya yang tidak memenuhi spesifikasi HP menyediakan daya lebih atau kurang dari yang dibutuhkan. Karena arus tegangan yang diterima tidak cocok, sel akan memanas dengan cepat meskipun baterai terisi penuh. Mengisi daya baterai dengan pengisi daya yang salah akan membuat daya baterai lebih lama. Solusi terbaik untuk mengatasi ini adalah mengganti pengisi daya yang bermasalah dengan pengisi daya asli atau memiliki output sesuai dengan apa yang dibutuhkan ponsel Anda.

3. Memakai ponsel saat mengisi daya

Menggunakan ponsel saat mengisi daya akan menghasilkan kinerja baterai yang lebih baik dan akan memanaskan ponsel dengan cepat. Jika kebiasaan ini dilakukan terus menerus, baterai dapat mengembang dan bahkan meledak. Jadi jika Anda tidak ingin ponsel memanas, lebih baik menunggu sampai proses pengisian atau pengisian baterai selesai dan Anda dapat menggunakan ponsel lagi.

4. Terlalu lama di tempat yang panas

HP pada umumnya sama dengan perangkat elektronik. Ponsel dapat menghasilkan panasnya sendiri ketika kinerjanya meningkat dan terlalu banyak menghabiskan energi. Sumber panas utama ponsel berasal dari baterai itu sendiri. Karena itu, karena ponsel dapat menghasilkan panasnya sendiri, hindari terkena panas luar. Panas tinggi dari luar dapat menyebabkan telepon cepat memanas dan merusak komponen di dalamnya. Solusinya adalah jangan terlalu lama meletakkan telepon di tempat yang panas, seperti: di dekat kompor, di dekat microwave, di bawah sinar matahari langsung, di dasbor mobil, atau di dekat kipas portabel yang memanaskan udara.

Leave a Comment