Struktur Sitoplasma

August 29, 2019 0 By eddye

Struktur Sitoplasma Sitoplasma sendiri merupakan salah satu organel dari sel hewan. Kalian harus mengetahui, kita sebagai makhluk hidup juga tidak sendirian. Tetapi, kita selalu berada di samping makhluk lainnya. Termasuk hewan dan tumbuhan ini, mereka sama-sama memiliki struktur organisasi kehidupannya masing-masing. Semua struktur dimulai dari bagian yang terkecil, yaitu sel.

Sel adalah sebuah bagian dari satu organisme yang dapat melakukan replikasi atau proses memperbanyak diri. Dan sel sendiri berbentuk sangat kecil untuk melihatnya kalian harus menggunakan alat pembesar satu benda, yaitu mikroskop. Dan makhluk hidup ini pastinya tidak sama antar sel.

Sitoplasma merupakan sebuah cairan sel dan segala sesuatu yang larut di dalamnya, kecuali nukleus (inti dari sebuah sel) dan organel. Selain itu, sitoplasma itu terdiri dari protein material dan air. Sitoplasma ini juga bersifat koloid kompleks (tidak cair dan tidak padat) yang dapat berubah tergantung konsentrasi satu air. Jika konsentrasi air tinggi akan menjadi encer (sol). Sitoplasma juga menjadi salah satu bagian dari organel sel hewan.

Apa sih peran organel sel pada sel hewan itu?

Dalam tubuh hewan memiliki bagian-bagian atau sebuah organel-organel yang memiliki fungsi dan peran masing-masing. Tahukah Anda? Fungsi organel-organel sel merupakan tanda bahwa organel sel hewan tersebut memiliki satu kinerja di dalam sel hewan. Fungsi organel-organel sel hewan merupakan tanda bahwa organel sel tersebut telah memiliki satu pekerjaan dalam sel hewan.

Sitoplasma sendiri terdiri dari matriks sitoplasma yang memiliki fungsi untuk mengatur sebuah kekentalan sitoplasma dengan cara membentuk seperti benang spindel, pembentukan berbagai serabut sebagai berikut.

  1. Mikrotubulus

Sebuah organel sel yang berbentuk seperti silinder panjang yang berongga, tidak memiliki cabang, dan juga tidak memiliki membran. Semuanya tersusun dari protein dengan ukuran berdiameter 25nm dan memiliki panjang tak menentu.

  1. Filamen

Sebuah organel sel yang memiliki bentuk seperti benang-benang halus

  1. Miofibril

Sebuah organel sel yang tersusun dari protein otot akting, miosin, troponin dan juga tropomiosin yang memiliki bentuk seperti serabut-serabut.